Monday, November 26, 2012

Manga (komik) Sejarah Kristen



Judul: Sejarah Kristen dari Janji Keselamatan Hingga Runtuhnya Bizantium
Penulis: Masakazu Higuchi dan Satoshi Nakamura
 Penerbit: BPK Gunung Mulia
Kategori buku: Sejarah Kekristenan/komik

Sejarah…kata ini saja buat banyak orang telah menimbulkan keengganan. Sejarah bagaikan hal yang telah lalu dan tidak perlu lagi dikotak-katik. Namun sejarah sebenarnya yang dapat mengajarkan kita pada saaat ini hal-hal yang penting, sejarah juga yang dapat mengajarkan kita untuk menyongsong masa depan. Ada pepatah, “kesalahan terbesar manusia adalah mereka tidak pernah belajar dari sejarah.” Ada baiknya kita menghindari kesalahan itu.

Terlepas dari pentingnya sejarah, untuk mempelajari sejarah memang bukanlah hal yang menyenangkan, penuh dengan nama-nama yang tidak pernah kita kenal, tanggal dan tahun yang memusingkan serta kejadian-kejadian yang kadangkala membuat kita bingung. Nah, buku ini menjadi alternatif yang bagus bagi mereka yang mau untuk mulai belajar sejarah kekristenan. Buku ini menjadi pengantar yang baik dan mudah dicerna.

Masakazu Higuchi (sutradara animasi dan penulis komik) dan  Satoshi Nakamura (pendeta di Niigata Bible Church) sebagai penulis dan pengilustrasi buku ini telah memilih beberapa kisah untuk diceritakan secara detail dari sederetan kisah dan tokoh dalam sejarah kekristenan. Dimulai dari janji Tuhan dalam Perjanjian Lama kemudian segera disusul dengan penggenapan janji keselamatan itu dalam Yesus Kristus dan zaman Perjanjian Baru setelah itu bergerak terus hingga abad pertengahan (tahun 1500 M).

Garis besarnya sebagai berikut:
 Janji keselamatan Tuhan dalam Perjanjian Lama
Tahun 1 -70 Masehi
-      Penggenapan janji keselamatan dalam Yesus Kristus hingga ke Perjanjian Baru dan gereja mula-mula.
-          Penganiayaan oleh Kaisar Nero (Romawi)
Tahun 70-312 M (masa martir)
-          Jatuhnya/penghancuran kota Yerusalam
-          Policarpus sebagai Martir
Tahun 313-430 M (masa kekristenan diterima negara)
-          Pertobatan Konstantin
-          Pemisahan gereja timur dan barat
-          Agustinus
Tahun 375-1094 (masa pertengahan, Romawi jatuh dan kerajaan-kerajaan Eropa bermunculan)
-          Benediktus
-          Eropa abad pertengahan (Kaisar Karel Agung)
-          Perang salib
Tahun 1182-1453 (masa pra-reformasi)
-          Fransiskus dari Asisi
-          Jan Hus
-          Runtuhnya Romawi Timur

Saat kita membaca buku manga ini (buku komik/bergambar) kita akan mendapatkan pengantar yang baik untuk mengerti sejarah gereja dan mendapatkan banyak cerita yang luar biasa tentang tokoh-tokoh gereja yang dipakai oleh Tuhan dalam menjalankan rencana dan kehendaknya di sepanjang sejarah gereja. Sekaligus kita juga akan belajar betapa dosa seringkali juga berhasil membuat umat percaya jatuh dalam kesalahan-kesalahan yang sama jeleknya dengan orang-orang yang belum mengenal Tuhan.

Jadi buanglah jauh-jauh dari pikiran bahwa komik sejarah ini hanya pantas untuk anak-anak, ini layak dibaca oleh pemuda dan dewasa. Di Jepang komik menjadi bahan bacaan bagi semua lapis usia, yang membedakan tentu saja bobot isi dari komik itu. Komik sejarah Kristen ini dapat dibaca bersama-sama di keluarga, dan dapat menjadi sarana untuk mempererat hubungan serta diskusi tentang sejarah kekristenan. Ya History (sejarah) adalah His Story (kisah-Nya).

No comments:

Post a Comment