Friday, November 30, 2012

Ketika Tuhan Berbisik: Kumpulan cerpen dan novelet Kristen



Judul: Ketika Tuhan Berbisik
Penerbit: Inspirasi BPK Gunung Mulia
Kategori buku: Cerpen/novel singkat

Jika anda memperhatikan maka sebagian besar dari isi Alkitab adalah cerita/narasi. Tentu saja setelah sampai ke mimbar gereja banyak dari cerita-cerita itu berubah menjadi nasihat-nasihat, larangan, perintah dan pengajaran. Namun kita perlu selalu mengingat bahwa sebagian besar isi alkitab dalam bentuk cerita dan pada mulanya isi alkitab itu diceritakan turun temurun. Hal ini menjadi salah satu pencetus timbulnya buku ini.

Buku ini adalah kumpulan cerpen dan novelet (novel pendek) pemenang festival pembaca dan penulis Kristiani 2010. Festival ini berusaha untuk membangkitkan kesusastraan Kristen, membangkitkan kisah, cerita, narasi Kristiani di tengah budaya gereja yang lebih didenominasi dengan pen gajaran-pengajaran atau khotbah-khotbah yang bersifat statis dan dogmatis atau sebaliknya praktis dan motivatif. Cerita  kristiani menjadi suatu penafsiran segar terhadap teks alkitab maupun pesan alkitab dalam konteks saat ini. Melalui pendekatan lateral, yaitu pendekatan yang tidak menuruti jalur linier dan logis, suatu pendekatan yang kreatif. Sekaligus berusaha untuk menyampaikan pesan-pesan alkitab melalui cara yang efektif yaitu cerita. Semua hal ini adalah penjabaran dalam pengantar oleh Ayu Utami.

Memang di luar negeri, karya sastra tentang kekristenan atau dilatarbelakangi kekristenan bukanlah hal yang jarang. John Bunyan dengan Pilgrim Progress/Perjalanan Musafir; C.S. Lewis dengan Chronicles Of Narnia; JR Tolkiens dengan Lord of the Ring; Paradise Lost oleh John Milton; bahkan hingga karya yang kontroversial seperti “Da Vinci Code” dari Dan Brown.

Salah satu juri memberikan kritik kepada para penulis bahwa banyak yang masih tidak berani mengeksplorasi tema-tema atau teks kristiani. Padahal sastra ini adalah karya fiktif sehingga tidak perlu terlalu kuatir. Dia juga mengeluhkan bahwa masih jarang penulis yang mampu menciptakan konflik dan alur menujuk klimaks dengan baik.  

Selebihnya pada bab-bab berikutnya kita akan menemui cerpen (cerita pendek) dan novelet-novelet tulisan dari berbagai orang dengan berbagai latar belakang. Kisah-kisah dalam buku ini memiliki suasana kristiani yang beragam.
Sebagian mengambil pesan alkitab untuk kemudian diaplikasikan dalam cerita yang baru. Sebagian mengambil cerita dalam alkitab dan kemudian menceritakannya kembali dalam cara lain sehingga memberikan suatu kesegaran dalam cerita yang sebenarnya sudah lama kita tahu, bahkan hafal (misalkan kisah tentang 12 mata-mata Israel, kisah wanita di kitab hakim-hakim).
Sebagian dengan setting zaman sekarang, ada zaman kemerdekaan, ada zaman alkitab.

Bagi penggemar cerita pendek dan novel anda bisa membeli buku ini sebagai suatu buku yang memperkaya khasanah pikiran anda dengan kisah dan pesan kekristenan. Siapa tahu anda terpanggil untuk memperkaya dunia sastra dengan tema dan latar belakang kekristenan.

No comments:

Post a Comment